Jenis Blog yang Menghasilkan Uang


Pada dasarnya semua jenis Blog bisa menghasilkan uang. Tentunya uang yang di dapat itu dari penayangan iklan yang di pasang di Blog. Caranya dengan mendaftarkan Blog yang kita kelola ke Google Adsense.

Sebenarnya untuk menghasilkan uang dari Blog dengan cara pasang iklan, bukan hanya Google Adsense sebagai pihak ketiga yang menerima pendaftaran pasang iklan di Blog, banyak perusahaan lainnya di bidang digital di luar sana pun siap bekerjasama dengan para Blogger (pemilik blog) sebagai fatner seperti halnya Google Adsense.

Untuk mendapatkan penghasilan uang dari sebuah Blog tidak terbatas hanya dari pasang iklan pihak ketiga (google adsense, dll). Banyak cara untuk merubah sebuah Blog menjadi 'mesin uang' seperti: program affiliasi, sarana promosi menjual jasa maupun barang.

Setidaknya dapat diketahui minimal ada enam jenis Blog yang bisa menghasilkan uang, diantaranya:

1. Blog pribadi

Blog pribadi adalah sebuah Blog di kelola oleh admin tunggal yang di buat untuk memuat artikel atau tulisan umum, biasanya memuat tulisan pengalaman atau tips-tips ringan seputar keseharian.

Untuk mendapatkan penghasilan dari jenis Blog pribadi, bisa dari pasang iklan google adsense atau bisa juga dari affiliasi. Berlaku syarat dan ketentuan, diantaranya yang utama adalah setiap harinya Blog sudah banyak di kunjungi dari berbagai sumber, entah dari sosial media maupun dari mesin pencarian google.

2. Blog profesional

Jenis Blog ini, umumnya di kelola oleh beberapa admin dengan keahlian masing-masing di bidangnya. Didalamnya memuat bermacam tulisan dari berbagai tema.

Untuk mendapatkan penghasilan dari jenis blog ini tidaklah sulit. Secara, setiap harinya banyak orang berkunjung ke Blog tersebut. Bukan hanya dari segi tulisan yang menarik dan inspiratif, namun juga Blog semacam ini menggunakan SEO 'tingkat tinggi'.

Alhasil, penghasilannya bukan hanya dari iklan Google Adsense. Banyak dari jenis Blog profesional menawarkan jasa promosi.

3. Blog Ol-Shop

Blog Ol-Shop di buat sebagai sarana penjualan suatu produk barang yang di kelola oleh admin tunggal. Jika di kelola di bawah suatu perusahaan di sebut Blog e-Commerce. Dan jika di kelola dengan cara membuka pendaftaran untuk pedagang online lainnya itu disebut Blog Marketplace.

Blog Ol-Shop sangat jarang di buat di platform Blogger. Walaupun sudah banyak template Ol-Shop tersedia untuk Blogger baik gratis maupun berbayar namun masih jauh dari kata "sempurna" dalam hal transaksi jual-beli dan perhitungan ongkos kirim. Beda halnya dengan Blog Wordpress, dengan adanya plugin WooCommerce maka cukup terpenuhi kegiatan transaksi jual-beli secara online.

Meskipun begitu, ada juga pedagang online yang bikin Blog Ol-Shop di platform Blogger. Contohnya saya (penulis) menjual produk barang dengan ber-platform Blogger. Sedikit modifikasi template dan beberapa aplikasi penunjang transaksi jual-beli, hal itu sudah cukup menjadikan sebuah Blog sebagai sumber penghasilan.

Jika ingin mengetahui seperti apa Blog Ol-Shop ber-platform Blogger itu, anda bisa melihatnya langsung ke Blog Ol-Shop saya yang khusus menjual sandal disini: Sandal Bandung

Blog Ol-Shop bukanlah jenis Blog yang mengandalkan penghasilan dari pasang iklan atau sebagai media promosi. Justru sebaliknya, Blog Ol-Shop akan bersedia membayar jasa promosi ke Google Adsense atau ke penerima jasa promosi seperti ke Blog profesional yang telah di sebutkan di atas.

4. Blog Berita

Jenis Blog berita harus di kelola oleh seorang wartawan + jurnalis yang berkompeten di bidangnya yang mana nantinya Blog tersebut memuat berita kredibel dari sumber fakta terpercaya.

Sangat berbahaya jenis Blog berita di kelola oleh sembarang orang. Sebab, selain dapat merugikan orang lain juga dapat merugikan dirinya sendiri karena berpotensi terciptanya hoax yang nantinya akan berhadapan dengan hukum UU ITE.

Dari segi penghasilan, Blog berita tak jauh beda dengan Blog profesional yaitu dengan mengandalkan Google Adsense dan menyediakan sarana promosi.

5. Blog Komunitas

Jenis Blog komunitas tak jauh beda dengan Blog pribadi. Hanya saja Blog komunitas biasanya di kelola oleh lebih dari seorang admin dan dari segi konten lebih fokus kepada satu tema.

Misalnya, seorang pecinta burung. bilamana membuat sebuah Blog pastinya akan memuat konten artikel lebih banyak membahas perihal burung. Seiring berjalannya waktu, lambat-laun akan terbentuk sebuah komunitas sebab banyak yang mengakses Blog-nya tersebut oleh yang se-hobby dengannya.

Untuk Blog komunitas, lagi-lagi bisa memanfaatkan layanan Google Adsense sebagai penghasilan seperti halnya Blog pribadi. Tak hanya itu, Blog komunitas bisa di jadikan penghasilan sebagai ajang sarana jual-beli antar komunitas seperti halnya Blog Ol-Shop.

6. Blog Traveling

Jenis Blog Traveling sudah barang tentu memuat konten artikel bertemakan jalan-jalan entah itu antar daerah atau pun luar negeri. Jenis Blog ini sama halnya dengan Blog komunitas yang mana dalam segi konten hanya fokus kepada satu tema, namun dari segi pengelolaan seperti Blog pribadi yang hanya di kelola oleh admin tunggal.

Blog Treveling sangat bisa di jadikan 'mesin pencetak uang'. Karena Blog Treveling banyak di cari dan di akses oleh banyak kalangan sebagai rujukan atau studi banding bilamana ingin berlibur. Dengan begitu, untuk menghasilkan uang dari Blog ini bukan hanya mengandalkan layanan Google Adsense. Dari jasa travel, penginapan, sampai restoran kuliner pun bisa ia dapatkan, syaratnya ya harus pandai melobi menawarkan jasa promosi.

Nach.., dari sekian jenis Blog di atas, jenis Blog apa yang akan anda buat dan kelola?


Ferry Alamsyah
Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Artikel Terkait

Posting Komentar

Langganan Artikel Kami