Cara Mengganti Tombol On-Off Hape Dengan Sistem Sensor

Mengganti tombol on-off hape dengan sistem sensor ini sangat berguna untuk menjaga agar tombol fisik on-off tidak cepat rusak. Perlu anda ketahui bahwa keluhan yang paling banyak di alami oleh pengguna adroit adalah rusaknya tombol on-off . Contohnya seperti yang saya (penulis) alami tempo hari, betapa untuk on (menghidupkan) hape susahnya 'setengah mati', begitupun saat off (mematikan) tombol hape harus ekstra keras menekannya. Hal ini terjadi ya sudah barang tentu seringnya tombol on-off hape ditekan berkali-kali selama bertahun-tahun.

Setelah hape menggunakan on-off sistem sensor maka kita tak perlu lagi cemas tombol fisik hape rusak. Secara, ketika sistem sensor diaktifkan maka untuk menghidupkan hape cukup menempelkan atau meraba layar toucsreen dengan telapak tangan, begitupun jika mematikan hape dilakukan dengan cara yang sama. Pusatkan telapak tangan pada bagian sekitar kamera atau microphone hape bagian atas. Setahu saya kalau elemen sensor berada di bagian tersebut.

Demo:

Untuk itu, saran saya aktifkanlah sistem sensor on-off hape sebelum tombol on-off fisik hape benar-benar rusak total alias tak berfungsi sama sekali, jika sudah begitu maka cara menanganinya pun berbeda.

Untuk menggunakan atau mengaktifkan sistem sensor on-off di butuhkan sebuah aplikasi yaitu "Easy Unlock" yang dapat anda instal di Google Playstore. Sebelumnya, saya sudah mencoba instal beberapa aplikasi serupa namun yang dirasa memikili fungsi yang baik adalah aplikasi ini.

Berikut cara mengaktifkan sistem sensor on-off hape:

Langkah pertama

Setelah aplikasi terinstal, klik "Buka"

Langkah kedua

Klik "Start Servis", setelah anda klik "Start Servis" di saat itu logo aplikasi akan muncul di bagian notifikasi atas layar hape, lalu klik "Lock Screen".

Langkah ketiga


  1. Setelah anda klik "Lock Screen", maka munculah halaman seperti yang terlihat pada gambar 1 di atas, klik "oke".
  2. Lalu klik atau centang aplikasi Easy Unlock seperti yang terlihat pada gambar 2.
  3. Setelah itu klik "aktifkan" seperti yang terlihat pada gambar 3.


Langkah keempat

Setelah administrasi perangkat aktif, maka anda dialihkan kembali ke halaman setting. Untuk penyetingan, ada dua pilihan:

  1. On-off layar hape dengan sistem sensor
  2. On-off layar hape dengan sistem guncang
Kedua sistem mode tersebut bisa dilengkapi dengan mode getar, bisa juga tidak. Tergantung selera anda. Saran saya agar lebih sempurna, lengkapilah sistem pilihan anda tersebut dengan mode getar.

Jangan menggunakan on-off sistem guncang bergetar! Bilamana anda lakukan, maka ketika ingin menghidupkan (on) hape layar langsung mati (off) kembali.

Saran saya, gunakanlah sistem sensor dan sistem guncang untuk menghidupkan (on) hape dengan dilengkapi mode getar. Dan untuk mematikan (off) hape, gunakanlah hanya menggunakan sistem sensor dengan mode getar saja. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga, biasanya sensor hape kurang sensitif bilamana hape terlalu lama dalam kondisi layar off. Bilamana hal itu terjadi, maka untuk menghidupkan (on) layar hape kita cukup mengguncang-guncangkannya.

Anda bisa mencobanya satu-persatu fitur setting yang terdapat di dalam aplikasi tersebut sesuai dengan selera anda, atau anda bisa meniru settingan saya di atas, mana saja fitur yang di aktifkan dan yang tidak diaktifkan.

Langkah terakhir

Setelah selesai menyenting aplikasi, ketika anda keluar dari aplikasi maka muncul jendela pop-up seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Saran saya, klik-lah "Rate App" lalu beri 'bintang lima' di halaman aplikasi dan berkomentarlah di kolom komentar dengan kata yang baik seperti misalnya "good". Jika anda tak melakukannya, maka ada saja hambatan berjalannya aplikasi tersebut, misalnya tiba-tiba aplikasi non-aktif dengan sendirinya seperti yang telah saya alami.

Cara uninstal

Untuk meng-uninstal aplikasi tersebut berbeda dengan cara uninstal aplikasi pada umumnya.

Bilamana anda ingin uninstal aplikasi tersebut hanya bisa dilakukan dari layar depan hape dengan cara seperti biasa yaitu ditekan/ditahan sesaat lalu geser pada keterangan "Copot Pemasangan Aplikasi" yang muncul di layar hape, lalu muncul jendela pop-up seperti gambar di atas klik "Oke". Setelahnya, anda akan di arahkan ke halaman "administrasi perangkat". Hilangkan tanda centang aplikasi "Easy Unlock" lalu klik "Nonaktifkan".

Kembali anda lakukan ditekan/ditahan sesaat aplikasi "Easy Unlock" lalu geser pada keterangan "Copot Pemasangan Aplikasi" yang muncul di layar hape, setelah muncul jendela pop-up seperti gambar di atas lalu klik "Oke". Kini aplikasi tersebut sudah tak ada lagi di perangkat hape anda.

Selamat mencoba, semoga berhasil!
Ferry Alamsyah
Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Artikel Terkait

Posting Komentar

Langganan Artikel Kami